Jambi, antarajambi.com- Pengendara yang melintasi kawasan  di Jl Basuki Rahmat, Kota Jambi, Jumat pagi, distop oleh puluhan ibu-ibu PNS yang mengenakan kebaya.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebagian besar kalangan ibu-ibu tersebut membagi-bagikan ratusan tangkai bunga untuk memperingati Hari Kartini kepada pengguna jalan.

Dengan mengenakan kebaya dan pakaian khas perempuan Jambi mereka satu persatu menghentikan pengguna jalan yang kemudian menebar senyum dan membagikan bunga mawar.

"Perempuan itu senang dikasih bunga mawar, sehingga di Hari Kartini ini kami sepakat membagikan bunga," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jambi, Yuliana Fasha.

Perjuangan Raden Ajeng Kartini yang menonjolkan emansipasi wanita demi menyetarakan drajat perempuan itu telah banyak menginspirasi bagi kaum wanita saat ini sehingga diera modern  perjuangan Kartini masih menjadi panutan.

"Momen Hari Kartini tersebut yang terpenting membangun kesadaran masyarakat bahwa perempuan itu sekarang memiliki kedudukan yang sama berkat perjuangan RA Kartini," katanya.

Di sepanjang Jl Basuki Rahmat, Kota Jambi, yang memiliki khas pedestrian/trotoar itu memang setiap ada peringatan momen hari menginspirasi menjadi lokasi aksi masyarakat di kota itu.

Selain PNS di lokasi yang sama juga ada organiasi perempuan yang turut memperingati Hari Kartini dengan membagi-bagikan bingkisan makanan kepada petugas kebersihan.

"Dalam memaknai semangat perjuangan kartini diera modern saat ini menjadi kunci penting untuk kaum perempuan," kata Yuliana yang juga istri Walikota Jambi itu.

Pewarta: Gresi P

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017