Jambi (Antaranews Jambi) - Kabupaten Merangin Jambi memiliki sejumlah objek wisata yang bisa dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Berikut daftar lokasi wisata di daerah itu yang perlu dikunjungi.

1. Air Terjun Segerincing
Air terjun segerencing terletak di Dusun Tuo Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Air terjun itu memiliki ketinggian 62 meter. Pemandangan disekitar air terjun tersebut sangat masih indah dan alami. 

2. Taman Bumi Geopark
Taman Bumi Geopart terletak di aliran sungai Merangin Desa Air Batu. Tempat ini sangat cocok untuk yang suka dengan arung jeram. Geopark itu merupakan warisan dunia yang begitu berharga. 

3. Cagar Alam Gua Tiangko
Cagar Alam Gua Tiangko terletak di Dusun Tiangko panjang, Desa Tiangko, Kecamatan Sungaimanau. Udara yang segar dan dingin akan dirasakan dalam perjalanan menuju gua ini. Disambut dengan kicauan burung dan pepohonan yang asri. 

4. Gua Sengayau
Gua Sengayau terletak di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungaimanau. Gua itu sangat indah dan alami. Ada keunikan tersendiri dalam kawasan Gua Sengayau itu karena jika orang pertama menemukan gua yang baru, nama gua tersebut menjadi nama yang menemukan. Contohnya gua ahmad. 

5.Air Terjun Dukun Bertuah
Air Terjun Dukun Bertuah terletak di Desa Rantau Suli. Yang memiliki ketinggian 100 meter. Masyarakat sekitar menamakan Air terjun dukun bertuah karena dianggap tergolong mistis. Sangat sulit untuk menuju ke aur terjun tersebut. Objek wisata itu sangat cocok untuk traveller yang menyukai tantangan. 

6. Air Terjun Perentak
Air Terjun Perentak terletak di Kecamatan Pangkalan Jambu. Air terjun itu memiliki ketinghian 198 meter. Air terjun tersebut memberikan pemandangan yang sangat menarik karena dikelilingi bukit yang indah dan hutan yang hijau maupun air yang jernih. 

7. Danau Depati Embat
Danau Depati Embat terletak di Jangkat. Danau itu memberikan pesona alam yang indah, tenang dan menajubkan. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang rindang, air yang terjih dan banyak aneka jenis ikan. Danau itu juga dihiasi gunung kembar yaitu bukit pandan dan bukit pandan bungsu. 

8. Gunung Masurai
Gunung masurai adalah gunung yang terletak di tiga wilayah pada kabupaten merangin. Yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat, dan Kecamatan Sungaimanau.

9. Grao Sakti Lembah Kemumu
Grao Sakti itu terletak di desa Renah Kemumu. Grau ini sangat indah, airnya jernis dan panas yang mengeluarkan asap putih yang tebal. Disekeliling air panas itu juga dihiasi hujan yang lebat. Aroma mistis juga kental disana.

10. Air Terjun Muara Kibul
Air Terjun itu terletak di Muara Kibul, Kecamatan Tabir Barat. Air terjun itu memiliki tiga tingkatan yang sangat indah. Suasana menuju ke air terjun tersebut sangat sejuk dan dingin.
 

Pewarta: Nita Priyanti

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018