Jambi, (Antaranews Jambi) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari menggelar rapat paripurna istimewa peringatan hari jadi daerah itu yang ke 70 tahun 2018  di Muarabulian, Senin.

Hari jadi ke-70 daerah itu mengangkat tema ‘Optimalisasi Sumberdaya Untuk Akselerasi Pembangunan Daerah Menuju Batanghari Maju, Adil, dan Sejahtera Berlandaskan Ketaqwaan’.

Ketua DPRD Batanghari M Mahdan mengatakan dari tema yang diangkat, diharapkan pemerintah daerah mampu seoptimal mungkin memanfaatkan sumberdaya yang ada saat ini.

Sumber daya yang dimaksud baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam serta integrasi, partisipasi dan sinergitas antara pemerintah, sektor swasta dan seluruh komponen masyrakat lainnya. Dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakya Batanghari.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD daerah itu juga menyampaikan sejumlah prestasi yang telah diraih disepanjang tahun 2018. Prestasi-prestasi yang telah diraih diantaranya prestasiprestasi ditingkat nasional seperti juara satu nasional kompetensi olahraga penteque. Juga terdapat sejumlah prestasi ditingkat provinsi seperti prstasi yang diraih pada gelaran MTQ ke-48 tingkat Provinsi Batanghari.

Baca juga: Batanghari Gelar Festival Tapa Malenggang 2018
Baca juga: Ribuan warga Batanghari tonton penutupan Festival Tapa Malenggang

Selain itu juga banyak prestasi yang diraih dilingkup pemberdayaan perempuan, KB dan kesehatan tngkat provinsi, lingkup pendidikan, pemuda olahraga dan pariwisata serta prestasi dilingkup pemerintahan dan pertanian.

Sementara itu, Bupati Batanghari, H Syahirsah mengatakan tema peringatan hari jadi Kabupaten Batanghari tersebut sangatlah penting untuk kiranya dapat dipahami bersama sehingga satu persepsi dalam mengisi pembangunan di kabupaten itu.

Disepanjang tahun 2018, terdapat beberapa keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah itu. Pada pembangunan sumber daya manusia, terlihat dari Angkat Partisipasi Murni (APM) Sekolah Dasar (SD) didaerah itu yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 angkat APM SD 98,23 persen meningkat ditahun 2018 menjadi 98,27 persen.

Pada pembangunan ekonomi kerakyatan terlihat dari produksi perkebunan yang mengalami peningkatan sebesar 0,9 persen dari tahun sebelumnya. Begitu pula dengan pertumbuhan populasi ternak dan unggas yang juga mengalami peningkatan sebesar 0,9 persen dari tahun sebelumnya.

Pada sektor infrastruktur pelayanan dasar  terlihat dari meningktanya presentase jalan kabupaten dalam kondisi mantap. Ditahun 2017 jalan kabupaten dalam kondisi mantap dipresentasikan sebesar 26,80 persen, meningkat di tahun 2018 menjadi 30,65 persen.

“Masih banyak tantangan yang harus dihadapi, hal ini tentunya sangat membutuhkan dukungan dan keterlibatan seluruh pihak untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan sejahtera,” kata H Syahirsah.

Baca juga: "Bekarang besamo" dan mancing tradisional meriahkan HUT Batanghari
 

Dalam paripurna istimewa HUT Batanghari ke-70 tersebut, turut hadir Anggota DPRD RI Saniatul Latifa, anggota DPD RI Muhamad Sukur. Serta PLT Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten I A Pani Saharudin. Selain itu turut hadir juga Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis.

Diakhir acara turut dilakukan suapan nasi sapat sebagai bentuk rasa syukur. Suapan nasi sapat dilakukan oleh Ketua DPRD M Mahdan kepada Bupati H Syahirsah, serta dilakukan oleh Bupati kepada Wakil Bupati Hj Sofia Joesoef. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018