Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari saat ini mengimbau kepada para peternak untuk berjaga-jaga bila mendapati adanya tanda-tanda hewan ternak yang terkena penyakit pada musim cuaca panas ini.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Batanghari yang mempunyai ternak sapi dan kerbau untuk segera melaporkan jika ada tanda-tanda terkena serangan penyakit," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari Mara Mulya Pane di Muara Bulian, Jumat.

Selain itu pihaknya juga meminta kepada para peternak yang ada di daerah setempat dalam memelihara ternak nya harus berdasarkan anjuran dan arahan yang ada. Dengan mengingat kondisi cuaca sekarang minuman yang disediakan untuk ternak harus juga diperhatikan sangat baik. Namun kebanyakan cara berternak di Batanghari ini masih banyak yang diliarkan.

Sedangkan dari tim Disbunak juga telah memberikan vaksinasi dan pemberian vitamin serta pengobatan terhadap para ternak yang ada di Batanghari. Maka dari itu diharapkan dengan progres yang telah dilaksanakan dalam menghadapi cuaca panas tersebut, ternak yang telah diberikan mendapatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi sirkulasi cuaca panas saat ini.

"Mudah-mudahan setelah di berikan vaksin kepada hewan ternak, kedepannya tubuh ternak bisa mendapatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi cuaca sekarang," kata Mulya Pane.


 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023