Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mempersiapkan 247 hewan kurban untuk disembelih pada perayaan Idul Adha 2023 di daerah ini.

Kabag Kesra Pemkot Jambi Kamal Firdaus, di Jambi, Minggu, mengatakan jumlah hewan kurban pada tahun ini naik dibandingkan tahun kemarin.

"Pada 2022 sebanyak 219 hewan, pada tahun ini sekitar 247 hewan," katanya lagi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hewan tersebut berasal dari para ASN di lingkup Pemkot Jambi. Kemudian daging kurban nantinya akan disebar di wilayah Kota Jambi meliputi Kantor Wali Kota Jambi dan OPD lingkup Pemkot Jambi.

Sementara, untuk jumlah hewan yang akan dipotong atau disembelih di Kantor Wali Kota Jambi ada sebanyak 16 ekor hewan kurban dan selebihnya akan disembelih di OPD lingkup Pemkot Jambi.

"Masih mau dirapatkan untuk yang kedua," katanya pula.

Plt Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi Moncar mengatakan saat ini ada lebih dari 1.000 ekor hewan kurban yang ada di pedagang dan peternakan di Kota Jambi.

Beberapa waktu lalu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan pihaknya memastikan hewan kurban di Kota Jambi bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Bukan hanya jelang Idul Adha, kami sudah proteksi hewan ternak bebas penyakit ini dari jauh-jauh hari dan kami pastikan setiap hari Jambi bebas PMK," katanya pula.

Fasha mengatakan bahwa Dinas Pertanian setempat telah membentuk satgas untuk penanganan penyakit PMK. Saat ini mereka telah mendata supplier untuk hewan potong di Kota Jambi.

Sehingga ketika hewan ternak datang ke Jambi, tim satgas dan dokter hewan akan mengunjungi supplier untuk melakukan pengecekan.

Selain itu, tim satgas akan mendatangi peternakan hewan yang akan mengirimkan ternaknya ke Jambi, agar hewan yang datang dalam keadaan bebas penyakit.

Fasha mengatakan jaminan hewan ternak bebas PMK tidak hanya dilakukan di saat Idul Adha saja, namun setiap hari.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023