Cabang olahraga dayung Jambi berhasil meloloskan sebanyak 37 nomor perlombaan untuk PON 2024 di Aceh - Sumatera Utara (Sumut) pada September mendatang.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Pengprov PODSI) Jambi Hasan Mabruri di Jambi Senin mengatakan bahwa dalam sejarah olahraga dayung di Provinsi Jambi baru kali ini cabang dayung berhasil meloloskan banyak nomor ke PON karena sebelumnya paling ada 15 atau 20 nomor yang lolos.

"Pada PON Aceh - Sumut, cabang dayung Jambi loloskan sebanyak 37 nomor lomba dan mengukir sejarah untuk pertama kali, PODSI Jambi berhasil meloloskan nomor terbanyak untuk keikutsertaan dalam Pekan Olahraga Nasional," katanya.

Pada PON 2024 mendatang, PODSI Jambi bahkan berhasil meloloskan enam nomor andalannya yakni dragonboat (perahu naga) di antaranya nomor 1.000 meter putra, 1.000 dan 500 meter putri, 1.000, 500 dan 200 meter mix (campuran).

Hasil babak prakualifikasi PON lalu menetapkan cabang dayung Jambi meloloskan total keseluruhan sebanyak 37 nomor lolos PON Aceh-Sumut dimana atlet dayung Jambi berhasil menempati peringkat I di Sumatera dan ketiga nasional di bawah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Alhamdulillah kita sudah menerima pemberitahuan resmi dari PB PODSI di Jakarta, Jambi berhasil lolos di 37 nomor dari 45 nomor perlombaan yang memperbutkan medali pada PON mendatang,” kata Hasan.

Dia juga menambahkan, bahkan Jambi berhasil mendapat golden tiket (lolos istimewa) dari 3 nomor rowing putri atas nama Mutiara Rahma Putri peraih medali SEA Games dan Asian Games lalu dan itu semua berkat kerja keras dan kerjasama semua pihak, baik atlet, pelatih dan pengurus dayung serta atas dukungan KONI dan Gubernur Jambi serta seluruh masyarakat.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024