Minggu, 22 Oktober 2017

Kasrem: Penting Mengingatkan dan Memperkuat Ideologi Pancasila

id hut tni ke-72. hut tni di jambi, huta tni ke-72 di jambi, kasrem: Pentingnya Mengingatkan dan Memperkuat Ideologi Pancasila
Kasrem: Penting Mengingatkan dan Memperkuat Ideologi Pancasila
Jambi - Para prajurit di jajaran Korem 042/Garuda Putih melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 TNI di lapangan Makorem setempat, Kamis (5/10). (Foto Antarajambi.com/ Dodi Saputra)
Jambi, Antarajambi.com - Kasrem 042/Garuda Putih, Jambi, Letkol Inf Yudi Ruskandar menyatakan, mengingatkan dan memperkuat ideologi Pancasila di tengah-tengah masyarakat penting dilakukan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita juga mengembangkan Pancasila dengan memberikan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada masyarakat. Dan itu sudah berjalan di masing-masing jajaran Korem 042," katanya usai peringatan HUT ke-72 TNI di Makorem setempat, Kamis.

Selain Pancasila, pengetahuan tentang Gerakan 30 September (G30S-PKI) juga penting disampaikan ke masyarakat karena sesuai dengan perkataan Presiden RI pertama yang menyebutkan bahwa Bangsa Indonesia jangan melupakan sejarah.

"Apapun sejarahnya bangsa ini, bagaimana perjuangan para pahlawan kita terdahulu kita harus tau. Bagimana pula jerih payah pahlawan kita memperjuangkan republik Indonesia ini," kata Yudi.

Menurut Yudi, sebagai warga negara Indonesia kita tidak boleh melunturkan apa yang menjadi ideologi bangsa Indonesia. Artinya sekecil apapun yang menyangkut ideologi harus dipertahankan.

"Karena ini adalah martabat negara kita, sebab dengan ideologi Pancasila Indonesia berdiri tegak seperti saat ini," ujarnya.

Dikatakannya lagi, mengimplemtasikan Pancasila dan undang-undang dasar (UUD) 1945 salah satunya adalah dengan menghormati negara ini seperti mengibarkan bendera merah putih pada momen tertentu karena itu lambang negara.

"Dan kami juga mengingatkan kepada semua masyarakat bahwa setiap tahunnya ada hari kemeredekaan RI, masyarakat harus mengibarkan bendera di depan rumah meraka. merah putih harus berkibar sampai kapanpun. Dan jangan sampai negara kita runtuh karena kita disusupi negara lain yang merong-rong ideologi Pancasila," tegasnya.

Dikatakannya lagi, Pancasila harus dipertahankan sampai titik darah penghabisan, sebab Pancasila mempunyai keunggulan yang tidak dimilik negara lain. Salah satunya terdiri dari beribu-ribu pulau, beragam agama dan suku serta adat istiadat.

"Itu sangat luar biasa karena Pancasila Bhineka Tunggal Ika, itu yang kita ke depankan, falsafah ideologi kita yang berdasarkan UUD 1945 tetap harus kita pertahankan untuk stabilitas nasional bagi bangsa indonesia ini," ujarnya. 

Menurutnya di Jambi, stabilitas keamanan masih kondusif, tidak ada hal yang menonjol atau yang berusaha merong-rong ideologi Pancasila. Namun pihaknya tetap eksis untuk NKRI dan rakyat.

Kasrem menambahkan, dalam melaksanakan kegiatan stabilitas keamanan di Jambi, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya hingga tingkat desa. Dan sejauh ini ditegaskannya lagi, Jambi masih kondusif.(Ant)

Editor: Dodi Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga