Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan mengatakan surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi tahun 2020 dijadwalkan tiba paling lambat  Jumat (7/5). 

"Hari ini kita sedang melakukan pengecekan desain surat suara di percetakan, besok akan di cetak dan hari Rabu di kirim ke KPU Provinsi Jambi, paling lambat hari Jumat surat suara sudah tiba di Kantor KPU Provinsi Jambi," kata Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan saat di hubungi  di Jambi, Senin. 

KPU Provinsi Jambi mencetak surat suara di Kota Bekasi, Jawa Barat di tempat sebelumnya mencetak surat suara pemilihan gubernur Jambi. Ada 30 ribu surat suara PSU Pilgub Jambi tahun 2020 yang dicetak. 

Dijelaskan M Subhan, surat suara PSU Pilgub Jambi dikirim ke Jambi melalui jalur darat dengan pengawalan dari pihak kepolisian. Surat suara PSU tersebut akan disimpan di Kantor KPU Provinsi Jambi terlebih dahulu.

Baru setelah hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah,  surat suara tersebut didistribusikan ke lima kabupaten dan kota lokasi PSU Pilgub Jambi dilaksanakan. 

"Jumlah surat suara yang dicetak yakni sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) PSU Pilgub Jambi ditambah dengan 2,5 persen dari jumlah DPT PSU tersebut," kata M Subhan. 

Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi mengatakan pihaknya pada hari ini Senin (3/5) melakukan validasi terhadap desain surat suara PSU Pilgub Jambi yang akan di cetak di percetakan.

Validasi desain surat suara tersebut penting dilakukan untuk memastikan surat suara PSU Pilgub Jambi yang akan dicetak sesuai dengan desain surat suara PSU Pilgub Jambi. 

Hal itu dikarenakan surat suara tersebut berbeda dengan surat suara pemilihan Gubernur Jambi pada 9 Desember 2020 lalu. Dimana pada surat suara PSU Pilgub Jambi tersebut terdapat logo PSU yang membedakan dengan surat suara Pilgub Jambi sebelumnya. 

"Hari ini kita validasi surat suara PSU Pilgub Jambi terkait foto, warna, dan segala macam-nya, hasil validasi kita sudah sesuai dan besok akan dicetak," kata Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi saat di hubungi via telpon. 

Dijelaskan Fahrul Rozi validasi dan pengecekan yang dilakukan oleh Bawaslu tersebut untuk memastikan logistik PSU Pilgub Jambi dapat didistribusikan dengan tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran. Sehingga kejadian TPS yang kekurangan paku dan jenis-jenis logistik lainnya pada saat Pilgub Jambi 9 Desember 2020 lalu tidak lagi terjadi

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021