Pertumbuhan kinerja lapangan usaha informasi dan komunikasi  mengalami akselarasi dan tumbuh positif semasa pandemi berbeda dengan sektor usaha lainnya dimana  lapangan usaha informasi dan komunikasi justru mengalami dampak positif akibat pandemi COVID-19.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution dalam laporan perekonomian Provinsi Jambi, Senin mengatakan pada triwulan II 2021 lapangan usaha informasi dan komunikasi tumbuh 3,94 persen (yoy) lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 0,89 persen (yoy). Adapun andil lapangan usaha informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan triwulan II 2021 sebesar 0,17 persen.

"Perbaikan lapangan usaha informasi dan komunikasi pada triwulan II 2021 disebabkan tingginya permintaan layanan data komunikasi menjelang hari  raya.  Anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saha secara langsung memberikan dampak positif terhadap sektor usaha ini. Kegiatan bekerja dan belajar secara daring yang meningkat signifikan selama pandemi mendorong peningkatan kinerja lapangan usaha informasi dan komunikasi,"kata Suti.

 Pertumbuhan positif pada sektor usaha informasi dan komunikasi masih akan terus terjadi pada triwulan berikutnya meski diprediksi akan sedikit melambat. Hal ini terutama disebabkan  kondisi pandemi COVID-19 yang berangsur mereda dan pelonggaran pembatasan sosial seiring implementasi vaksin yang akan mengurangi kegiatan daring.

Pertumbuhan kinerja yang positif pada lapangan usaha informasi dan komunikasi di Provinsi Jambi juga terjadi sepanjang tahun 2020 lalu. Secara keseluruhan tahun 2020 pertumbuhan lapanan usaha informasi dna komunikasi mencapai 8,48 persen (yoy) atau tertinggi dibandingkan sektor ekonomi lain dan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 6,20 persen (yoy).

"Berbeda dengan sektor lainnya, lapangan usaha informasi dan komunkasi justru mengalami dampak positif akibat COVID-19. Kegiatan bekerja dan belajar secara daring yang meningkat signifikan selama pandemi mendorong peningkata kinerja lapangan usaha informasi dan komunikasi,"jelasnya.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021