Sebanyak 19 desa di Kabupaten Merangin, Jambi, berhasil menjadi desa mandiri karena mampu meningkatkan indikator pada Indeks Desa Membangun (IDM).

Penjabat Bupati Merangin Mukti dalam keterangan tertulis di Jambi, Rabu, mengatakan dari 205 desa di daerah itu 19 di antaranya sudah menjadi desa mandiri.

Sebanyak 19 desa itu yakni Bukit Beringin Bangko Barat, Pulau Rengas Bangko Barat, Nibung Batang Mesumai, Pulau Layang Batang Mesumai, Salam Buku Tatang Mesumai, Muara Madras Jangkat, dan Sumber Agung Margo Tabir.

Selanjutnya Jelatang Pamenang, Karang Berahi Pamenang, Rejo Sari Pamenang, Sungai Udang Pamenang, Pulau Tujuh Pamenang Barat, Tanjung Lamin Pamenang Barat, dan Bukit Bungkul Renah Pamenang.

Beberapa desa lain yang masuk dalam status desa mandiri yaitu Guguk Renah Pembarap, Kotobaru Tabir Lintas, Mensago Tabir Lintas, Sidoharjo Tabir Lintas dan Sungai Bulian Tabir Timur.

Mukti mengatakan, Anugerah Lencana Desa Mandiri diberikan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kepada desa yang telah mampu meningkatkan status IDM menjadi desa mandiri di daerah itu.

"Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para kadesnya,’’ kata dia.

Mukti juga menyinggung tiga desa di Merangin yang saat ini masih berstatus sebagai desa tertinggal, meliputi Desa Renah Kemumu, Tanjung Kasri dan Desa Koto Rawang di Kecamatan Jangkat.

Ia mengharapkan ketiga desa itu dapat meningkatkan status IDM sehingga pada 2024 di Kabupaten Merangin tidak ada lagi desa tertinggal.

"Ini menjadi perhatian seluruh pemangku kebijakan terkait melalui peran dan fungsinya," kata dia.

Ia juga berharap desa-desa yang saat ini masih berstatus sebagai desa maju dapat meningkatkan IDM menjadi desa mandiri pada tahun ini.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024