Pemerintah Kota Jambi memperkuat layanan Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda)Tirta Mayang melalui pengoperasian kembali Instalasi Pengolahan Air (IPA) Benteng dan Aurduri empat.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih dalam keterangan di Jambi, Rabu, mengatakan realisasi rasio cakupan pelayanan air minum di Kota Jambi sampai dengan tahun 2023 sebesar 80,88 persen, dengan sambungan rumah sudah mencapai 102.791 per 29 Juli 2024.

Dia mengatakan dengan pengoperasian IPA Aurduri 4 dan pengoperasian kembali IPA Benteng Tirta Mayang dapat meningkatkan pelayanan air minum untuk masyarakat.

Sebagai informasi, IPA Benteng dibangun pada tahun 1989. IPA ini mengalami kerusakan dan tidak beroperasi sejak 2019. Perbaikan bertahap mulai dilakukan pada awal tahun 2024 dan berhasil dioperasikan kembali sejak Mei 2024 dengan volume sebesar 110 liter per detik dari total 220 liter per detik total kapasitas yang ada.

Peningkatan cakupan layanan ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 fokus pada tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs).

Layanan sanitasi dipastikan harus memenuhi terhadap standar pelayanan minimal dan target SDGs, sasaran strategis lainnya adalah mencapai indeks kepuasan kinerja layanan air bersih.

"Saya harapkan dapat meningkatkan optimalisasi wilayah cakupan pelayanannya, baik dari sisi kuantitas, kualitas maupun kontinuitasnya," katanya.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mayang Dwike Riantara menyebutkan dengan pengoperasian kedua IPA ini maka pendistribusian air untuk pelanggan di wilayah pelayanan masing-masing akan menjadi lebih optimal selama 24 jam.

IPA ini, kata dia, akan mengaliri wilayah Kecamatan Pasar, Kecamatan Jelutung, Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatan Danau Sipin dengan kualitas air yang baik dengan kapasitas 100 liter per detik bertahap untuk pendistribusiannya ke masyarakat.

Adapun tahap pekerjaan IPA dilakukan sejak Desember 2023, pada Mei 2024 lalu IPA Aurduri 4 tersebut telah siap beroperasi, dan dapat melayani 6.734 pelanggan.

Sementara untuk IPA Benteng yang dioperasikan kembali dengan kapasitas 110 liter per detik dapat melayani dengan jumlah sambungan pelanggan 7.880.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024