Minggu, 22 Oktober 2017

Hepatitis kini lebih mematikan dari AIDS dan TBC

id berita terkini, kesehatan, hipatitis, tbc,
Hepatitis kini lebih mematikan dari AIDS dan TBC
Ilustrasi Hepatitis (istimewa)
Paris (ANTARA Jambi) - Penyakit hepatitis yang disebabkan virus menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia serta  membunuh lebih banyak orang dalam satu tahun dibandingkan AIDS, TBC atau malaria, menurut sebuah laporan pada Kamis.

Mengacu data yang dihimpun dari 183 negara, kematian akibat infeksi, penyakit hati dan kanker yang disebabkan oleh virus hepatitis melonjak 63 persen dari 890ribu kasus pada 1990 menjadi 1,45 juta pada 2013.

Sebagai perbandingan, pada 2013 ada 1,3 juta kematian akibat AIDS, 1,4 juta akibat TBC dan 855.000 karena malaria, kata laporan yang diterbitkan di The Lancet itu.

“Ketika jumlah kematian akibat berbagai penyakit menular -- seperti TBC dan malaria -- anjlok sejak 1990, kematian karena virus hepatitis melambung,” kata Graham Cooke pemimpin penelitian dari jurusan kedokteran Imperial College London dilansir dari AFP, Kamis.

Hepatitis merupakan peradangan hati yang sering kali disebabkan virus namun terkadang akibat pemakaian narkoba atau alkohol serta berbagai infeksi lainnya atau penyakit autoimun.

Ada lima tipe hepatitis, yang dikenal antara lain A, B, C, D dan E. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, tipe A dan E biasanya ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi, sedangkan B, C dan D biasanya ditularkan melalui kontak cairan tubuh dengan orang yang terinfeksi.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu

Editor: Ariyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga