Minggu, 24 September 2017

331 Mahasiswa Unja bersaing menuju MTQM Nasional

id berita terkini jambi, mtqm, unja,
331 Mahasiswa Unja bersaing menuju MTQM Nasional
Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH PhD tengah menyerahkan Piala Rektor Unja kepada panitia MTQ Mahasiswa Unja 2017. (Syarif Abdullah)
Jambi, Antarajambi.com - Sebanyak 331 mahasiswa Universitas Jambi (Unja) bersaing pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa memperebutkan tempat untuk menjadi kafilah perguruan tinggi itu pada MTQ Mahasiswa Nasional 2017 di Malang, Jawa Timur.

Kegiatan MTQ Mahasiswa tingkat Universitas Jambi dibuka oleh Rektor Prof H Johni Najwan di Balairung Kampus Unja Mendalo yang dihadiri oleh sekitar seribu orang.

"MTQ Mahasiswa ini untuk mendorong para mahasiswa untuk mempelajari dan memahami Al Quran. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang untuk memberikan pemahaman pentingnya keseimbangan intelektual, emosi dan spiritual," kata Johni Najwan.

Kegiatan diawali pawai taaruf peserta MTQM Unja 2017 diikuti seluruh peserta dari Lapangan Rektorat Unja, menelusuri rute jalan di Kompleks Kampus Unja Mendalo dan finish di Balairung Unja. Kegiatan itu akan dihadiri seluruh pimpinan yakni wakil rektor, dekan, ketua lembaga, ketua UPT, ketua program studi, para juri serta keluarga besar Unja.

Kegiatan yang merupakan ajang seleksi mahasiswa Unja untuk ikut dalam MTQ Mahasiswa tingkat nasional itu memperebutkan untuk pertama kali Piala Rektor Unja dan rencananya akan digelar setiap tahun.

Menurut Rektor, ajang itu diharapkan bisa memunculkan qori dan qoriah serta peserta terbaik kategori lainnya itu untuk bisa tampil maksimal di ajang nasional. Unja sendiri terakhir menjadi Juara Umum pada MTQ Mahasiswa Nasional 2007 yang digelar di Kampus Universitas Sriwijaya Palembang.

"Tahun ini kami berharap bisa meraih hasil terbaik di MTQ Mahasiswa 2017 di Malang, dan kami berupaya terus meningkatkan performance dalam berbagai even yang diikuti di tingkat nasional," katanya.

Rektor menyatakan komitmen universitas negeri satu-satunya di Jambi itu untuk mencetak generasi yang unggul secara intelektual dan memiliki akhlak baik. Kampus itu memberikan apresiasi tersendiri bagi hafidz Al Quran 30 juz untuk masuk menjadi mahasiswa di kampus itu tanpa seleksi.

Sementara itu Ketua Panitia MTQ Mahasiswa Unja, H Qodri dan Supian Ramli menyatakan kegiatan itu digelar lebih gebyar dan diikuti oleh seluruh fakultas di perguruan tinggi itu. Sedangkan cabang yang dilombakan Tilawatil Quran, hifzil Quran 1 juz, 5 juz dan 10 juz.

Kemudian syahril Quran, khattil Quran, tartil Quran, fahmil Quran, debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, qiroat sab`ah, karua ilmiah Quran dan desain aplikasi Al-Quran.

Unja secara khusus mempersiapkan mimbar tilawah yang ditempatkan tilawah sesuai standard pelaksanaan MTQ serta tim juri dari lembaga kompeten di Provinsi Jambi.


Editor: Syarif

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga