Minggu, 24 September 2017

Festival Geopark bentuk keseriusan pemerintah jaga pariwisata

id berita jambi terkini, festival geopark merangin 2017, estival Geopark bentuk keseriusan pemerintah jaga pariwisata
Festival Geopark bentuk keseriusan pemerintah jaga pariwisata
Merangin - Beberapa penari menampilkan salah satu tarian khas kabupaten tersebut dalam rangkaian pembukan Festival Geopark Merangin 2017 di Taman Batu Merangin, Senin (11/9). (Foto Antarajambi.com/ Dodi Saputra)
Jambi, Antarajambi.com - Bupati Merangin Provinsi Jambi Al Haris, menyatakan Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) 2017 adalah bentuk keseriusan Pemkab menjaga warisan pariwisata dan budaya yang ada di kabupaten tersebut.

"Festival Geopark Merangin ini pertama kali digelar, ini adalah bentuk keseriusan kita menjaga warisan budaya dan pariwisata yang ada di Merangin," katanya usai pembukaan Festival Geopark Merangin di Taman Batu, Merangin, Senin.

Festival yang dibuka resmi oleh Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar itu merupakan yang pertama kali setelah tahun sebelumnya dibatalkan karena terjadi defisit anggaran.

"FPGNM Jambi ini telah menjadi agenda nasional Merangin, yang akan digelar setiap tahunnya. Kita berharap ini berkelanjutan," ujarnya.

Menurutnya, membangun pariwisata tidak terlepas dari transportasi, kearifan lokal, infrastruktur dan keberadaan hotel. Sebab itu dengan dibukanya Bandara Muara Bungo sangat membantu membuka akses ke destinasi wisata yang ada di Merangin.

"Kami telah berupaya semaksimal mungkin agar Geopark Merangin diakui Unesco, namun terus gagal. Jadi seandainya Geopark Merangin ini berada di Bali atau di Jakarta, saya yakin pasti telah diakui Unesco. Selama ini sarana transportasi jadi kendala kita menjadikan geopark sebagai warisan dunia," katanya menjelaskan.

Selain geopark, Haris mengungkapkan terus berupaya menggali potensi-potensi wisata lainnya di Merangin untuk menunjang keberadaan taman bumi yang terdapat fosil kayu berusia lebih dari 300 juta tahun tersebut.

"Sebelum ke geopark wisatawan juga bisa menikmati potensi wisata yang ada di Kota Bangko seperti Dam Betuk, Kebun Binatang Bukit Tiung, wisata alam dan agro di Kecamatan Jangkat seperti taman bunga, danau dan gunung masurai, goa-goa yang jumlahnya banyak sekali dan wisata lainnya," kata Haris.

Sementara Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, mengatakan Kabupaten Merangin memang sangat banyak memiliki potensi wisata. Semua potensi wisata alam seperti geopark itu bila dikembangkan dengan baik akan menjadikan Merangin daerah tujuan wisata utama di Jambi.

"Saya sebelumnya ke Kecamatan Jangkat, di kawasan itu potensi wisatanya sangat luar biasa, udaranya segar dan pemandangannya sangat bagus. Selain menikmati indahnya alam, di Jangkat juga bisa berwisata agro, disitu banyak aneka tanaman," kata Wagub.(Ant)

Editor: Dodi Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2017