Video - ANTARA News jambi

Pencak silat: Dulu, kini, dan nanti (Bagian 2)

ANTARA - Yayan Ruhian merupakan salah satu aktor seni peran yang berhasil mengharumkan seni bela diri pencak silat hingga ke industri hiburan dunia Hollywood.

Memulai karier profesional sebagai aktor film "Merantau" (2009), sosok Yayan begitu identik dengan film aksi laga perkelahian jarak dekat yang mengedepankan seni bela diri pencak silat sebagai bumbu utama.

Menurut aktor yang membintangi sejumlah film Hollywood seperti "Star Wars: The Force Awakens" (2015), "John Wick: Chapter 3 Parabellum" (2019), dan "Boy Kills World" (2024) itu, banyak hal yang membuat industri hiburan yang berpusat di Amerika Serikat gemar melirik aksi bela diri pencak silat. Salah satunya karena pencak silat terbilang memiliki karakter berbeda dengan seni bela diri lain.

Rasa bangga Yayan Ruhian juga membuncah ketika dirinya dan pelatih pencak silat Cecep Arif Rahman mendapatkan kepercayaan dari sutradara film "John Wick: Chapter 3 Parabellum" untuk mengeksplorasi koreografi adegan perkelahian dengan menunjukkan karakter pencak silat sepenuhnya.

Sang aktor berharap tinggi bahwa pencak silat akan membawa lebih banyak sosok aktor seni peran yang turut mengharumkan nama Indonesia di industri hiburan dunia. (Ahmad Faishal Adnan/Rina Anggraini/Keysha Anissa/Syamsul Rizal/Agha Yuninda Maulana/Ahmad Faishal Adnan)

Tonton pembahasan mengenai dinamika dan ragam perguruan seni bela diri pencak silat dalam program Mata Indonesia di sini:
Mata Indonesia: Pencak silat: Dulu, kini, dan nanti (Bagian 1)
Mata Indonesia: Pencak silat: Dulu, kini, dan nanti (Bagian 3)